PEMBERIAN SURAT KETERANGAN

Pemberian surat keterangan dari Pemerintah Desa Kalikobok kepada masyarakat yang akan melakukan proses suatu pelayanan didasarkan pada data dan informasi yang telah disesuaikan dengan data dasar dan data perubahan. Surat keterangan dapat diberikan apabila berkas yang diperlukan dalam proses suatu pelayanan telah lengkap memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan telah dilengkapi surat keterangan domisili dari RT atau RW. Pemberian surat keterangan dari Pemerintah Desa kepada masyarakat diselesaikan dalam 1 (satu) hari.

Adapun Persyaratan dari penerbitan Surat  Oleh Desa yaitu :

Penerbitan KTP  baru bagi penduduk Warga Desa Kalikobok dilakukan setelah memenuhi syarat berupa :

  • Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah / pernah kawin
  • Surat Pengantar RT/RW dan Kepala Desa / Lurah
  • Foto copy KK, kutipan akta nikah / Akta  kawin bagi penduduk yang berusia 17 (tujuh belas) tahun, Kutipan akta kelahiran

Penerbit KTP Karena Hilang/Rusak bagi penduduk Warga Desa Kalikobok, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa.

  • Asli KTP yang rusak/FC e-KTP Yang Hilang tsb
  • Foto copy KK

Penerbitan KTP karena pindah datang bagi Penduduk Warga Desa Kalikobok  

  • Fotokopi KK dan e-KTP
  • Surat baru keterangan pindah/surat keterangan datang.

Penerbitan KTP karena perpanjangan bagi penduduk Warga Desa Kalikobok , Dilakukan setelah memenuhi syarat berupa;

  • Foto kopi KK
  • Asli KTP lama

Penerbitan KTP karna adanya perubahan data bagi penduduk Warga Desa kalikobok. dilakukan setelah memenuhi syarat berupa;

  • Foto copy KK
  • Asli KTP Lama
  • Ijazah/Buku Nikah Dilegalisir Dinas terkait
  • Materai Rp. 10.000,-

Membuat kartu keluarga (KK)

Kartu Keluarga Baru

  • Pengantar RT dan RW
  • Asli Kartu Keluarga lama beserta FC e-KTP
  • Surat pindah dari Dinas Kependudukan Kota/Kab asal apabila penduduk baru.
  • Surat Nikah dilegalisir

Kartu Keluarga Pemecahan

  • Pengantar RT dan RW
  • Asli Kartu Keluarga lama beserta FC e-KTP
  • Surat pindah dari Dinas Kependudukan Kota/Kab asal
  • Surat Nikah dilegalisir

Kartu Keluarga Penambahan Anggota Keluarga

  • Pengantar RT dan RW
  • Asli Kartu Keluarga lama beserta e-KTP
  • Surat pindah dari Dinas Kependudukan Kota/Kab asal apabila anggota keluarga baru berasal dari luar wilayah Kelurahan setempat
  • Akta Kelahiran apabila yang ditambahkan adalah anak kandung
  • Surat Nikah dilegalisir

Kartu Keluarga Pengurangan Anggota Keluarga

  • Pengantar RT dan RW
  • Asli Kartu Keluarga lama Beserta e-KTP Pemohon
  • Surat Kematian, Surat Cerai,Surat Pindah Pergi

Membuat surat pindah / datang

Surat Keterangan Pindah Penduduk ( SKKP )

  • Pemohon datang sendiri.
  • Permohonan tidak bersifat kolektif.
  • Membawa surat pengantar RT /RW;
  • Foto copy KTP, KTP ( KTP/KK asli ) dibawa ;

Surat Keterangan Pindah Datang (SKPD)

  • Pemohon datang sendiri.
  • Permohonan tidak bersifat kolektif.
  • Surat Pindah Datang Asli dari daerah asal, Biodata / foto copy KK WNI yang pindah beserta pengikutnya.

Membuat akte kelahiran

Bagi Penduduk Kabupaten Sragen yang Lahir di Wilayah Kabupaten Sragen Surat kelahiran dari dokter/bidan/penolong kelahiran;

  • Surat Keterangan Kelahiran Rumah Sakit atau dari Desa/Kelurahan asli;
  • Foto kopi KTP 2 (dua) orang saksi kelahiran
  • Asli KK dan Fotokopi KTP orang tua
  • Foto kopi Kutipan Akta Nikah/Perkawinan orang tua ( dilegalisir)
  • Foto kopi Ijasah bagi yang pernah lulus sekolah (SD/sederajat atau SMP/sederajat atau SMA/sederajat).

Bagi Penduduk Kabupaten Sragen yang Lahir di Luar Wilayah Kabupaten Sragen

  • Surat kelahiran dari dokter/bidan/penolong kelahiran dan/atau surat keterangan kelahiran dari Desa/Kelurahan asli
  • Foto kopi KTP dua orang saksi kelahiran
  • Asli  KK dan KTP orang tua;
  • Foto kopi Kutipan Akta Nikah/ Perkawinan orang tua ( dilegalisir)
  • Menyesuaikan dengan ketentuan yang diatur oleh Dinas/Badan/Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil tempat terjadinya peristiwa kelahiran.

Membuat Jamkesmas

  • Usulan dari RT dengan kategori pekerjaan sebagai buruh
  • Foto kopi KK
  • Kemudian diserahkan ke PUSKESMAS setempat.
  • Dari pihak PUSKESMAS ada petugas yang akan mensurvey (diverifikasi).
  • PUSKESMAS akan membuat surat rekomendasi yang ditujukan ke Dinas Kesehatan atau Dinas Sosial sesuai daerah masing-masing.
  • Instansi ini yang akan mengeluarkan Kartu JAMKESMAS.

Membuat SKCK

  • Foto copy e-KTP Pemohon
  • Foto copy Kartu keluarga (KK)
  • Surat pengantar dari keluarahan dan domisili tempat tinggal (Surat pengantar RT/RW dan kelurahan)
  • Foto Copy identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk memiliki KTP
  • Foto dengan ukuran 4×6 cm, sebanyak 4 lembar. Untuk melamar kerja, gunakan foto background (latar belakang) warna merah.
  • Bagi pemohon SKCK yang mengenakan jilbab, foto harus terlihat wajah dengan jelas, tidak mengenakan cadar.
  • Berpakaian rapih dan sopan saat pengajuan.

Membuat Surat Pengantar Nikah di KUA 

  • Fotokopi KK dua Mempelai
  • Fotokopi KTP dua Mempelai
  • Foto 4×6 Background Biru 5 Lembar
  • Foto 2×3 Background Biru 5 Lembar
  • Akta Kelahiran
  • Ijazah Terakhir
  • Akta Kelahiran dua Mempelai

BILA MENGAJUKAN SURAT KETERANGAN DIKANTOR DESA KALIKOBOK DIWAJIBKAN MEMAKAI PAKAIAN RAPI DAN BERCELANA PANJANG. SUWUN